Pengaruh Orientasi Pelanggan, Kualitas Produk, dan Daya Tarik Promosi terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Bidang Fashion di Kota Pontianak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh orientasi pelanggan, kualitas produk, dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran pada UMKM bidang fashion di kota Pontianak. Teknik analisa data penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 90 responden. Dalam penelitian ini digunakan alat bantu berupa Software SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil pengujian validitas dan realibilitas menyatakan bahwa instrument yang diuji valid dan reliabel. Hasil pengujian F menunjukan bahwa seluruh variabel memiliki hubungan yang signifikan. Hasil analisis dari uji T menunjukan bahwa orientasi pelanggan, kualitas produk, dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dapat ditarik kesimpulan bahwa orientasi pelanggan, kualitas produk, dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM bidang fashion di kota Pontianak.