Analisis Pengaruh Atmosfer Hotel dan Brand Image terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Hotel Merpati di Pontianak

Penulis

  • Helis Kornelis Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh atmosfer hotel dan brand image terhadap keputusan menggunakan jasa Hotel Merpati di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling. Jumlah sampel sebanyak tujuh puluh empat (74) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa atmosfer hotel dan brand image secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa Hotel Merpati di Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa atmosfer hotel berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa. Sedangkan brand image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa atmosfer hotel berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa Hotel Merpati di Pontianak dan brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa Hotel Merpati di Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak manajemen hotel terus memperhatikan kinerja dari para karyawannya. Setiap konsumen yang akan melakukan pemesanan kamar hendaknya segera dilayani dan tidak dibiarkan menunggu terlalu lama. Setiap karyawan hendaknya diberikan pelatihan tentang seluk beluk atau sejarah hotel, bahkan cara kerja yang baik sehingga memiliki bekal pengetahuan yang cukup, untuk dapat secara tepat memberikan informasi yang tepat kepada konsumen yang menginap atau mengadakan acara di Hotel Merpati. Brand image yang diterapkan Hotel Merpati di Pontianak sebaiknya harus diperhatikan dan dievaluasi kembali unsur citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk yang ditawarkan kepada calon konsumen, sehingga konsumen lebih mengetahui identitas hotel, konsumen yang pernah menggunakan jasa hotel dan produk atau fasilitas yang dimiliki oleh hotel. Hal ini menjadi perhatian penting bagi pihak manajemen hotel untuk meningkatkan brand image perusahaan agar calon konsumen tidak ragu dalam mengambil keputusan guna memakai jasa penginapan serta mampu bersaing dengan pengguna jasa penginapan lainnya.

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles