Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Oli Merek Prestone pada CV Kreasi Indah Sejahtera di Pontianak

Penulis

  • Evi Oktavianti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Pada saat ini perkembangan dan pertumbuhan di industri otomotif khususnya di negara Indonesia semakin hari semakin meningkat. Hal disebabkan karena industri otomotif merupakan salah sektor andalan pertumbuhan ekonomi nasional dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan yang ada, baik mobil maupun motor itu sendiri. Dengan seiring meningkatnya kebutuhan penduduk akan sarana transportasi yang merupakan mobilitas sehari-hari, akan berkembang pula minat penduduk Indonesia dalam hal otomotif, salah satunya yaitu dalam membeli suku cadang atau onderdil kendaraan tersebut. CV Kreasi Indah Sejahtera di Pontianak merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan pelumas atau oli untuk kendaraan beroda dua maupun beroda empat dan merupakan distributor utama untuk di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Perusahaan ini menjual ke retailer atau pengecer yang membuka usaha bengkel yang mempunyai empat macam merek oli untuk dijual dan di distribusikan, yaitu oli merek Prestone, Master, Redex, dan Unisynt. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian oli merek prestone pada CV Kreasi Indah Sejahtera di Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data terdiri dari studi dokumentasi, studi pustaka dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang konsumen yang membeli oli merek Prestone. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik metode analisis kualitatif dan kuantitatif.

Diterbitkan

2023-01-31

Terbitan

Bagian

Articles