Analisis Pengaruh Sales Growth, Debt to Equity Ratio, Profitabilitas, dan Earning Per Share terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sales growth, debt to equity ratio, profitabilitas, dan earning per share terhadap nilai perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Indonesia. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 perusahaan dan sampel berjumlah 39 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam penarikan data dengan kriteria perusahaan yang tergolong dalam Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia dengan IPO sebelum tahun 2015. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sales growth, debt to equity ratio, profitabilitas, dan earning per share memiliki kemampuan sebesar 60,9 persen dalam menjelaskan perubahan pada nilai perusahaan, sementara sisanya 39,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Penelitian ini membuktikan sales growth, debt to equity ratio, profitabilitas, dan earning per share berpengaruh terhadap nilai perusahaan.