Analisis Pengaruh Stres Kerja, Keadilan Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Merpati Pontianak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh stres kerja, keadilan organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner atau angket. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling Insidental. Jumlah sampel sebanyak 44 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan pengukuran skala likert. Untuk mengelola data menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa stres kerja, keadilan organisasi dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan Hotel Merpati Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa bahwa variabel stres kerja, keadilan organisasi dan motivasi kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati Pontianak.
Referensi
Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.
Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.
Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.
Satrio, A.B. (2022). Corporate Governance Perception Index and Firm Performance in Indonesia. Media Ekonomi dan Manajemen, 37(2), 226-239.
Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.