Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Produk, dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Kaca Merek Asahimas pada PT Bintang Jaya Khatulistiwa di Pontianak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, kualitas produk, dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian kaca merek Asahimas pada PT Bintang Jaya Khatulistiwa di Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu setiap orang yang secara tidak sengaja ditemui oleh peneliti dapat digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis diketahui bahwa citra perusahaan, kualitas produk, dan harga kompetitif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kaca merek Asahimas pada PT Bintang Jaya Khatulistiwa di Pontianak. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah perusahaan dapat menjalin interaksi yang baik dengan konsumen, melakukan pengecekan sebelum menyerahkan produk kepada konsumen, dan mempertahankan kestabilan harganya.
Referensi
Akkas, Nasruhlhak. 2016. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Membeli Mobil Pada PT Hadji Kalla Cabang Palu.” Jurnal Katalogis, Vol. 4, no. 1, hal. 24-36.
Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.
Cahyono, Adi, Djamhur Hamid, dan Andriani Kusumawati. 2015. “The Influence of Brand Image, Price and Promotion On Brand Switching.” Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 1, no. 1, hal. 1-10.
Erdalina, Wahyu. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Citra Hand and Body Lotion di Pariaman.” Jurnal Menara Ilmu, Vol. 12, no. 9, hal. 155-164.
Hartono. (2022). COVID19 Vaccine: Enhancement of Stock Buying in Indonesia. Journal of Business and Management Studies, 4(1), 49-56.
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.
Weenas, Jackson R.S. 2013. “Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.” Jurnal EMBA, Vol. 1, no. 4, hal. 607-618.