Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Biolysin pada PT. Distriversa Buanamas (DBM) Cabang Pontianak

Penulis

  • Yohana Antida Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk obat biolysin pada PT. Distriversa Buanamas (DBM) Cabang Pontianak. Objek penelitian ini adalah Apotek dan Toko Obat yang ada di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah Sampel sebanyak 70 responden. Penelitian ini menggunakan kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 23 (Statistical Product and Service Solutions). Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Referensi

Citra, T., & Santoso, B, S. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang. Diponegoro Journal Of Management, Vo. 5, No. 2, 1-12.

Dewi, K. N., Andri, G., & Yonaldi, S. 2012. Pengaruh Iklan Citra Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline and Body Lotion di Kota Padang Studi Kasus di PT. Unilever Cabang Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, No. 2, (Mei), 11-29.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Karlina, N. P.N., & Seminari, K. N. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud,Vol. 4, No. 6, 1610-1624.

Mudiantono, & Asshiddieqi. F. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus pada Produk Crooz di Distro Ultraa Store Semarang. Diponegoro Journal Of Management, Vol. 1, No. 1, 1-9.

Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe dan Resto Cabang Manado. Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 3, (September), 1803-1813.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Satrio, A.B., Saleh, M., dan Wendy. (2022). Inequality of Information and the Value of Firms. International Journal of Banking, Accounting, and Finance, 13(2), 241-260.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Diterbitkan

2022-11-30

Terbitan

Bagian

Articles