Analisis Pengaruh Assets Utilization, Net Profit Margin, Financial Leverage, dan Sales Growth terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Kajian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh assets utilization, net profit margin, financial leverage, dan sales growth terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor consumer goods. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi berjumlah lima puluh dua perusahaan dan sampel berjumlah tiga puluh empat. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria (1) perusahaan telah melakukan IPO sebelum tahun 2015, (2) perusahaan tidak mengalami suspend selama periode penelitian. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. Kemudian, uji korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji f, dan uji t. Hasil dari penelitian ini, yaitu nilai adjusted R Square sebesar 0,321 atau 32,1 persen. Nilai signifikansi dari assets utilization sebesar 0,536 dan memiliki arah positif. Nilai signifikansi dari net profit margin sebesar 0,000 dan memiliki arah positif. Nilai signifikansi dari financial leverage sebesar 0,044 dan memiliki arah positif. Nilai signifikansi dari sales growth sebesar 0,151 dan memiliki arah positif.
Referensi
Brahmana, R.K., Loh, H.S. dan Kontesa, M. (2020). Market Competition, Managerial Incentives and Agency Cost. Global Business Review, 21(4), 937-955.
Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.
Bukit, R. Br, B. Haryanto, dan P. Ginting. 2018. “Environmental Performance, Profitability, Asset Utilization, Debt Monitoring and Firm Value”. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol.122, pp. 1-6.
Febriyanto, F. Citra. 2018. “The Effect of Leverage, Sales Growth and Liquidity to the Firm Value of Real Estate and Property Sector in Indonesia Stock Exchange”. EAJ (Economics and Accounting Journal), vol.1, no.3, pp. 198-205.
Harahap, I. Mangara, I. Septiani, dan E. Endri. 2020. “Effect of Financial Performance on Firms’ Value of Cable Companies in Indonesia”. Accounting Journal, vol.6, pp. 1103-1110.
Hartono. (2022). COVID19 Vaccine: Enhancement of Stock Buying in Indonesia. Journal of Business and Management Studies, 4(1), 49-56.
Kontesa, M., Nichol, E.O., Bong, J.S. dan Brahmana, R.K. (2020). Board Capital and Bank Efficiency: Insight from Vietnam. Business: Theory and Practice, 21(2), 483-493.
Putri, I Gusti Agung P. T., dan Henny Rahyuda. January 2020. “Effect of Capital Structure and Sales Growth on Firm Value with Profitability as Mediation”. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, vol.7, no.1, pp. 145-155.
Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.
Susanti, Neneng, dan Nanda Gyska Restiana. 2018. “What's the Best Factor to Determining Firm Value?”. Jurnal Keuangan dan Perbankan, vol.22, pp. 301-309.
Thamrin, Muhammad, et al. 2018. “What's the Best Factor to Determining Firm Value?”. Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, vol.2, pp. 6674.