Analisis Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan menjadi Anggota CU Lantang Tipo Cabang Jeruju di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan kepercayaan merek terhadap keputusan menjadi anggota CU Lantang Tipo Cabang Jeruju di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang menabung dan melakukan transaksi di CU Lantang Tipo. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS)versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, kualitas produk, dan kepercayaan merek memiliki pengaruh terhadap keputusan menjadi anggota. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas layanan, kualitas produk, dan kepercayaan merek maka akan meningkatkan minat masyarakat untuk bergabung menjadi anggota CU Lantang Tipo.
Referensi
Bastian, Danny Alexander, 2014. “Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) terhadap Layanan Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No. 1, Hal. 1-9.
Bilondatu, Machrani Rinandha. “Motivasi, Persepsi, dan Kepercayaan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahsa.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1, No. 3, 2016, Hal. 710720.
Calvin dan Hatane Samuel, 2014. “Analisa Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Economic Benefit terhadap Niat Pembelian Polis Asuransi PT. Sequislife di Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No. 1.
Desiarista E dan Sri Rahayu T. “Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen.” Asset, Vol. 13, No. 1, 2011, Hal. 37-45.
Ghozali. “Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi pada Bank Syariah di Malang.” Journal of Indonesia Applied Economics, Vol. 4, No. 1, Mei 2010, Hal 43-57.
Hanafi, Rindyah dan Ayu Anggraini A.P. “Peranan Harga dan Produk dalam Keputusan Menjadi Anggota Multi Level Marketing Shopie Paris Indonesia.” Ekomaks, Vol. 3, No. 1, 2014.
Hartono. (2021). Developing Country Stock Market Immunity during Covid-19 Pandemic. Technium Social Sciences Journal, 18(1), 222-229.
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Kontesa, M., Lako, A. dan Wendy. (2020). Board Capital and Earnings Quality with Different Controlling Shareholders. Accounting Research Journal, 33(4/5), 593-613.
Purnomo, Agus. “Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan dan Karakteristik Merek Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Kosmetik Lipstik Wardah pada Mahasiswi Universitas Bandar Lampung.” Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 11, No. 1, 2018, Hal. 1-69.
Saibantono, Fitroh., Rahayu T, dan Retno S. “Pengaruh Produk, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Anggota untuk Menabung Survei pada Anggota KSPPS Bina Insan Mandiri Cabang Jeruk Sawit Karanganyar.” Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 18, No. 1, 2018, Hal. 55-65.
Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.