Analisis Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi pada PT Gemilang Berlian Indah di Sintang
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar signifikan pengaruh dari promosi penjualan, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan adalah seluruh pengguna yang menggunakan mobil Mitsubishi dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Skala yang digunakan dalam analisis kualitatif adalah Skala Rating. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, dan heterokedastisitas), uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian atau H2 diterima.
Referensi
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Hutagaol, Cristina Dora. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan, 2019.
Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.
Sarini Kodu. “Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza”. Jurnal EMBA, Riset Ekonomi & Bisnis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sam Ratulangi Manado 2013.
Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.
Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.