Analisis Pengaruh Daya Tarik Harga, Kapabilitas Inovasi, dan Keunggulan Produk terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Fashion di Pontianak

Penulis

  • Hengky Wijaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik harga, kapabilitas inovasi, dan keunggulan produk terhadap kinerja pemasaran UMKM fashion di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas, Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuisioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 75 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel daya tarik harga, kapabilitas inovasi dan keunggulan produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa daya tarik harga dan keunggulan produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan kapabilitas inovasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. 

Referensi

Adhitya Yoga Prasetya, S.IP., S. E., M. M. 2012. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Produk Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran”.Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, Vol 3, No. 2.

Ageng Prasetyo. 2020. “Keunggulan Produk Berbasis Kompetensi Pengetahuan Pasar Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran”. Vol.11 No 1.

Angelita Elisabeth Salindeho, Silvya L. Mandey. 2018. “Pengaruh Inovasi Produk, Tempat Dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki”. Jurnal EMBA, Vol.6, No.4, Hal. 3348 – 3357.

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Bakti, S., dan Harun, H. 2011.Pengaruh Orientasi Pasar dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3 (1), h: 1-15.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Rodriguez, A. L. L., and Morant, G. A. 2016. Linking Market Orientation, Innovation and Performance: An Empirical Study on Small Industrial Enterprises in Spain. Journal of Small Business Strategy, 26 (1), pp: 37- 50.

Satrio, A.B. (2022). Corporate Governance Perception Index and Firm Performance in Indonesia. Media Ekonomi dan Manajemen, 37(2), 226-239.

Tung, J. 2012. A Study Of Product Innovation On Firm Performance. The International Journal of Organizational Innovation, 4 (3), pp: 83-97.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2020). Corporate’s Action and Market’s Reaction in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 13699-13707.

Diterbitkan

2022-08-31

Terbitan

Bagian

Articles