Analisis Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada Credit Union Stella Maris Kantor Pusat di Pontianak

Penulis

  • Paulina Paulina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelatihan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Credit Union Stella Maris Kantor Pusat di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling Total. Jumlah sampel sebanyak tiga puluh lima (35) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan dan kompensasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan Credit Union Stella Maris kantor Pusat di Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa pelatihan dan kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa pelatihan dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Credit Union Stella Maris kantor Pusat di Pontianak. Saran dari peneliti untuk Pihak Credit Union Stella Maris Kantor Pusat di Pontianak perlu mengoptimalkan kinerja karyawan supaya dapat meningkatkan kinerja para karyawan untuk bekerja lebih baik lagi serta memberikan mereka motivasi dengan cara memberikan reward atau THR kepada karyawan yang sudah bekerja secara optimal agar dapat memberikan reputasi yang baik bagi pihak Credit Union Stella Maris, sehingga menjadi CU yang terpercaya.

Referensi

Biily, Christovel P., Willem T., Irwan, Trang. 2017. “Pengaruh Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Prestasi Kerja pegawai TVRI Stasiun Sulut.” Journal EMBA, Vol.5, no.2 (Juni), pp. 388-398.

Erwin, Manaratur L. R. 2016. “Pengaruh Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja karyawan Pada PT. PLN (Persero) Area Surabaya Utara.” Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 4, no. 3.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Diterbitkan

2022-07-31

Terbitan

Bagian

Articles