Kinerja Layanan dan Citra Merek terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha pada PT Fortuna Motor Veteran di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan dan citra merek secara parsial terhadap minat beli. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha pada PT Fortuna Motor Veteran di Pontianak. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling, dan ditetapkan sebanyak 100 responden dari keseluruhan populasi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, data dikatakan valid dan reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda adalah Y = 6,879 + 0,289 X1 + 0,312 X2. Hasil uji koefisien korelasi berganda menunjukkan R sebesar 0,255 yang berarti hubungan antara kinerja layanan dan citra merek terhadap minat beli mempunyai tingkat hubungan yang sedang. Pengujian hipotesis secara parsial pada uji t menunjukkan bahwa kinerja layanan (X1) dan citra merek (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli.