Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Store Atmosphere dan Kualitas Makanan terhadap Minat Beli pada Restoran Ayam Pak Usu di Pontianak

Penulis

  • Kelvin Kelvin Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa signifikan pengaruh harga kompetitif, store atmosphere dan kualitas makanan terhadap minat beli. Metode penelitian yakni deskriptif di mana populasinya adalah semua konsumen Restoran Ayam Pak Usu di Pontianak. Teknik pengumpulan data adalah Purposive Sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak seratus orang di mana penulis menyebarkan kuesioner di Kota Pontianak. Dari hasil perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil dari uji reliabitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,703. Hasil dari analisis regresi linear berganda adalah Y = 0,025 X1 + 0,132 X2 + 0,196 X3. Hasil uji F sebesar 31,342 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel harga kompetitif tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli sedangkan store atmosphere dan kualitas makanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel minat beli.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles