Analisis Pengaruh Product Assortment dan Atribut Layanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak

Penulis

  • Adelia Shella Julianti Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh product assortment atau keragaman produk dan atribut layanan terhadap minat beli ulang konsumen pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik pengumpulan sampel menggunakan accindental sampling. Dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan metode kuantitatif yaitu melihat jawaban dari responden melalui kuesioner yang disebarkan kemudian dikelompokkan menurut kriteria yang telah ditentukan dan jawaban dijumlahkan, dipersentasikan, dianalisis dan ditarik kesimpulannya. Sedangkan untuk memperjelas analisis setiap jawaban diberikan bobot dengan Skala Likert dan perhitungan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa product assortment dan atribut layanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Dan saran yang telah diberikan adalah perusahaan hasrus mampu mempertahankan keragaman produk yang ada, tetap meningkatkan kualitas dalam pelayanan. Semakin baik pelayanan maka semakin puas konsumen, ini yang dapat menimbulkan minat beli ulang pada konsumen.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles