Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Kualitas Hubungan dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk Cabang Pontianak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan disebabkan masalah penurunan dana pihak ketiga yang terhimpun di Provinsi Kalimantan Barat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.981 orang yang menjadi nasabah mySaving pada PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk cabang Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 144 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,871. Hasil dari uji F adalah sebesar 327,552 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel independen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kinerja layanan, kualitas hubungan dan kepercayaan merek berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk cabang Pontianak.