Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Membeli Sepeda Motor Merek Honda pada PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan dan kepercayaan merek terhadap minat membeli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas. Populasi dalam penelitian adalah semua pelanggan yang membeli sepeda motor merek Honda yang berjumlah 836 pelanggan berdasar data tahun 2016, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dimana teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan untuk memproses data menggunakan bantuan program SPSS 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Tingkat kesalahan yang dipakai pada penelitian ini adalah sebesar 5,00 persen. Berdasarkan hasil pengujian, variabel kinerja layanan dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan lebih meningkatkan lagi kinerja dalam memberikan pelayanan seperti kesediaan karyawan dalam membantu konsumen ketika mengalami kesulitan dengan cara karyawan terus dilatih supaya tetap berempati terhadap konsumen dan melakukan pengecekan kembali sepeda motor yang siap dikirim ke konsumen, terutama mengenai kelengkapan bagian-bagian sepeda motor, jangan sampai ada komponen yang tidak ada.