Pengaruh Kepercayaan Pasien dan Kinerja Pelayanan terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak
Abstrak
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh kepercayaan pasien dan kinerja pelayanan mampu mempengaruhi keputusan menggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak, untuk terus meningkatkan kunjungan pasien maka dilakukannya analisis kepercayaan pasien, meliputi nilai sosial, integritas dan kompetensi, dan kinerja pelayanan yang meliputi kinerja fasilitas perusahaan, kemampuan melayani, kinerja karyawan, kemampuan memberikan empati dan daya tanggap terhadap keputusan mneggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak yang meliputi bersedia selalu membeli, up to date mengenai produk, bersedia melakukan pembelian ulang, melakukan rekomendasi dan eksplorasi.Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, peyebaran kuesioner kepada pasien Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik analisa data yang digunakan yaitu metode kuantitatif, berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel kepercayaan pasien berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak, serta variabel kinerja pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak.