Pengaruh Atribut Toko, Harga dan Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ekaric Dwi Putra (Citra Siantan Swalayan) di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap atribut toko, harga, dan pelayanan terhadap minat beli konsumen dan pengaruh atribut toko, harga dan pelayanan terhadap minat beli konsumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausal dengan objek PT Ekaric Dwi Putra yang selanjutnya disebut Citra Siantan Swalayan di Pontianak. Teknik pengumpulan data untuk mendukung penelitian ini berupa wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penulis adalah metode Sampel Insidental dan cara yang dilakukan penulis untuk memperoleh sampel dengan menggunakan rumus slovin dan jumlah sampel yang diuji sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif dengan menggunakan Skala Likert dan menggunakan software SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 22. Dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel keluasan dari atribut toko, harga dan pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen dengan hasil nilai koefisien determinasi sebesar 50,50 persen minat beli konsumen di pengaruhi oleh atribut toko, harga dan pelayanan. Sisanya hasil nilai koefisien determinasi sebesar 49,50 persen di pengaruhi oleh variabel lain yang diluar dari atribut toko, harga dan pelayanan pada Citra Siantan Swalayan di Pontianak.