Pengaruh Atribut Toko dan Produk Utilitarian terhadap Minat Beli Konsumen pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak

Penulis

  • Hendra Noviandi Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut toko dan produk utilitarian terhadap minat beli konsumen pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden konsumen yang berdomisili di Pontianak dan pernah berbelanja minimal dua kali dalam sebulan pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan Purposive Sampling.Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang dihitung dengan skala likert dan analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut toko secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen dan produk utilitarian memiliki pengaruh signifikan tetapi berpengaruh negatif terhadap minat beli konsumen. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa konsumen setuju bahwa minat beli konsumen dapatdiperngaruhi oleh variabel atribut toko dan variabel produk utilitarian yang diterapkan oleh Supermarket Citra Siantan di Pontianak.

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Articles