Brand Equity Cat Pelapis Anti Bocor No Drop pada PT Tirtakencana Tatawarna Cabang Pontianak
Abstrak
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan perusahaan dalam meningkatkan Brand Equity Cat Pelapis Anti Bocor No Drop, dan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai keempat elemen Brand Equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian konsumen potensial dan konsumen real cat pelapis. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisa kualitatif. Hasil tanggapan responden untuk keempat komponen Brand Equity yaitu penilaian brand awareness sebesar 86,20 persen, brand association sebesar 89,40 persen, perceived quality sebesar 88,20 persen, dan brand loyalty sebesar 90,00 persen. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis kepada pihak PT Tirtakencana Tatawarna Cabang Pontianak adalah ada baiknya perusahaan memberikan pelatihan kepada tenaga pemasarnya agar dapat lebih baik dalam menyampaikan informasi, manfaat, serta keunggulan dari produk perusahaan kepada konsumen agar dapat menyakinkan konsumen untuk menggunakan produk perusahaan tersebut. Mengingat persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar untuk cat pelapis anti bocor semakin hari semakin ketat dan ditambah dengan munculnya para pesaing-pesaing baru yang siap merebut pangsa pasar perusahaan. Dengan meningkatkan kualitas tenaga pemasarnya melalui pelatihan untuk menyampaikan informasi tentang produk tentu ini akan dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar perusahaan tersebut.