Kualitas Pelayanan Bimbingan Belajar di Ganesha, Unit Operasi Sultan Abdurrahman di Pontianak

Penulis

  • Margareta Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi kualitas pelayanan bimbingan belajar Ganesha, Unit Operasi Sultan Abdurrahman di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan pembagian kuesioner, wawancara dengan pihak bimbingan belajar dan studi dokumenter bimbingan belajar. Penulis melakukan penelitian mengenai kualitas pelayanan dengan membagikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta bimbingan belajar, dengan sampel berjumlah 100 orang yang merupakan peserta bimbingan berjenjang pendidikan XII SMA yang menggunakan program reguler dan aktif mengikuti bimbingan belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mengenai kualitas pelayanan dapat disimpulkan bahwa Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati) dan Tangibles (Benda Berwujud) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh bimbingan belajar kepada peserta bimbingan untuk memperoleh prestasi belajar.

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Articles