Pengaruh Atribut Produk dan Kinerja Layanan terhadap Minat Beli Produk Asuransi Jiwa pada PT Tokio Marine Life Insurance Cabang Pontianak

Penulis

  • Victorinus Sandi Wardiman Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan kinerja layanan secara parsial terhadap minat beli. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah asuransi jiwa pada PT Tokio Marine Life Insurance Cabang Pontianak. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dan ditetapkan sebanyak 100 responden dari keseluruhan populasi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, data dikatakan valid dan reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda adalah Y=1,422 - 0,010X1 + 0,007X2. Hasil uji koefisien korelasi berganda menunjukkan R sebesar 0,634 yang berarti hubungan antara atribut produk dan kinerja layanan terhadap minat beli mempunyai tingkat hubungan yang sedang. Pengujian hipotesis secara parsial pada uji t menunjukkan bahwa variabel atribut produk (X1) memiliki pengaruh terhadap minat beli produk asuransi jiwa, sedangkan variabel kinerja layanan (X2) tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli produk asuransi jiwa.

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Articles