Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan dan Harga terhadap Minat Membeli pada Rumah Makan Abang Kepiting Pontianak

Penulis

  • Steven Hartono Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kualitas produk, pelayanan dan harga dalam mempengaruhi minat membeli konsumen. Yang menjadi Objek pada penelitian kali ini adalah RM Abang Kepiting Pontianak. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cara purposive sampling. Purposive sampling disebut pula dengan judgement sampling, yaitu cara pengambilan sampel yang didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu, terutama pertimbangan yang diberikan oleh sekelompok pakar. Data yang didapatkan oleh peneliti lalu diproses menggunakan bantuan program SPSS 23.00 (Statistical Package for Social Sciences) pada komputer. Pegunjian hipotesis pada penelitian ini menggunakan koefisien deteminasi (R2), uji T, uji F dengan bantuan tabel ANOVA. Tingkat keselahan yang dipakai pada penelitian kali ini adalah sebesar 5,00 persen. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, pelayanan dan harga memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 57,70 persen minat membeli dipengaruhi oleh kualitas produk, pelayanan dan harga. Sisa dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,423 menunjukkan bahwa sebanyak 42,30 persen minat membeli dipengaruhi oleh variabel lain di luar kualitas produk, pelayanan dan harga dari RM Abang Kepiting Pontianak.

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Articles