Analisis Pengaruh Kepercayaan Merek dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada PT Aneka Makmur Sejahtera di Pontianak

Penulis

  • Melisa Hasinta Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan merek dan atribut produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT Aneka Makmur Sejahtera di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pembeli sepeda motor Yamaha yang ada di Kota Pontianak, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden menggunakan perhitungan rumus Ferdinand dimana teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Pada tingkat signifikansi 0,05 yang menyatakan bahwa variabel kepercayaan merek dan atribut produk berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji t secara parsial menyatakan bahwa variabel kepercayaan merek dan atribut produk mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian. Adapun saran yang penulis dapat berikan adalah menciptakan komitmen agar pelayanan pada jaminan dari PT Aneka Makmur Sejahtera semakin baik dan menarik konsumen untuk melakukan pembelian.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles