Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Supermarket Carrefour di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan promosi terhadap keputusan pembelian pada supermarket Carrefour di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal (sebab-akibat), pengumpulan data dilakukan dengan caraobservasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumensupermarket Carrefour yang berjumlah 449.403 pengunjung, dengan sampel sebanyak seratus lima puluh responden.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah accidental sampling yaitu semua konsumen berkesempatan menjadi responden jika bersedia mengisi kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan untuk analisis kuantitatif dimana hasil analisis diukur dengan skala rating dan diolah menggunakan program Statistical Product and Service (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji t H1 diterima dan ada pengaruh yang signifikan antara variabel store atmosphere terhadap keputusan pembelian, H2 diterima dan ada pengaruh yang signifikan antara variabel promosi terhadap keputusan pembelian.