Studi Tentang Orientasi Kewirausahaan dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM Kue di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah wawancara, dan kuesioner dengan populasi semua UMKM makanan di Pontianak. Penarikan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Hasil penelitian dengan uji F menyatakan bahwa variabel orientasi kewirausahaan dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil uji t secara parsial menyatakan bahwa variabel orientasi kewirausahaan dan kualitas produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan adalah perusahaan harus terus meningkatkan kinerja pemasaran secara optimal dengan selalu memperhatikan orientasi kewirausahaan yang meliputi sikap inovatif, proaktif dan berani mengambil risiko dan perusahaan lebih giat untuk meningkatkan kualitas produk sehingga mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.