Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Saat ini telah banyak persaingan dalam industri khususnya persaingan dalam industri barang konsumsi. Persaingan tersebut membuat para manajemen perusahaan harus meningkatkan kinerjanya agar dapat mencapai tujuan perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 37 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan jumlah sampel sebanyak 24 perusahaan yang ditentukan dengan metode purposive sampling, dengan kriteria perusahaan sektor industri barang konsumsi listing sebelum tahun 2011 dan perusahaan yang memiliki data laporan keuangan yang lengkap selama periode penelitian.Adapun hasil penelitian ini adalah struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.