Pengaruh Ukuran Perusahaan, Rasio Aktivitas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Yulianti Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, rasio aktivitas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011 sampai dengan 2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga dari 38 perusahaan diperoleh 31 perusahaan yang dapat menjadi sampel penelitian. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan hubungan kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumenter. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuanprogram SPSS versi 22. Analisis data yang digunakan pada penelitian adalah analisis regresi linear berganda, dengan tingkat signifikansi sebesar lima persen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, rasio aktivitas dan profitabilitas memiliki pengaruh yang positif terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah agar dapat mempertimbangkan faktor keuangan lainnya yang dapat memberikan penjelasan terhadap perubahan yang terjadi pada nilai perusahaan, dan objek penelitian lain dengan periode yang berbeda.

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Articles