Pengaruh Store Atmosphere dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mini Market Citra Mart di Pontianak
Abstrak
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan store atmosphere dan diskon yang diterapkan oleh MM Citra Mart di Pontianak serta mengetahui pengaruh store atmosphere dan diskon terhadap keputusan pembelian konsumen di MM Citra Mart Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kausalitas dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Melihat banyaknya populasi yang ada dalam penelitian, maka penulis menetapkan sampel sebanyak 156 responden berdasarkan teori slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi dan uji koefisien determinasi dengan bantuan program/software SPSS Versi 20. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa store atmosphere dan diskon memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada MM Citra Mart di Pontianak. Hal ini ditunjukkan dengan tanggapan responden yang sangat tinggi terhadap kebijakan store atmosphere yang diterapkan oleh MM Citra Mart Pontianak. Sedangkan variabel diskon juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keputusan pembelian konsumen pada MM Citra Mart di Pontianak. Hal ini ditunjukkan dengan kebijakan yang diterapkan MM Citra Mart di Pontianak berupa diskon menarik, bonus produk, voucher belanja dan harga yang murah mendapatkan tanggapan responden yang sangat tinggi.