Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Spare Part Mobil pada PT Aneka Dunia Parts di Pontianak
Abstrak
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena terjadinya penurunan peningkatan penjualan Spare Part pada PT Aneka Dunia Parts di Pontianak. Untuk terus meningkatkan pertumbuhan tingkat penjualan perusahaan, maka dilakukan analisis terhadap harga, promosi, kualitas pelayanan dan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Bentuk penelitian adalah penelitian assosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang datang menginap dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan skala Likert dan diagram Kartesius. Kesimpulan hasil penelitian bahwa berdasarkan hasil analisis terhadap tanggapan responden mengenai kebijakan PT Aneka Dunia Parts di Pontianak berdasarkan persamaan regresi tersebut diketahui bahwa kofisien dari variabel promosi dan kualitas pelayanan adalah positif sedangkan variabel harga adalah negatif. Saran-saran yang dapat diberikan adalah pihak perusahaan perlu memperhatikan kegiatan promosi dan kualitas pelayanan sebaiknya ditingkatkan, sehingga dapat menambah daya tarik bagi konsumen untuk membeli spare part di PT Aneka Dunia Parts.