Studi Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM makanan di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua UMKM makanan yang ada di Pontianak, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden menggunakan perhitungan rumus Ferdinand dimana teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Pada tingkat signifikansi 0,05 yang menyatakan bahwa variabel orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil uji t secara parsial menyatakan bahwa variabel orientasi pasar dan inovasi produk mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel kinerja pemasaran. Adapun saran yang penulis dapat berikan adalah mempertahankan dan meningkatkan cara-cara melakukan orientasi pasar dan terus menerus melakukan inovasi terhadap produk.