Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz pada CV Honda Daya Motor di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan disebabkan masalah penurunan penjualan dan persaingan yang ketat di dunia otomotif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 614 orang yang pernah melakukan pembelian mobil Honda Jazz pada CV Honda Daya Motor di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,772. Hasil dari uji F adalah sebesar 1818,075 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel independen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, kepercayaan merek dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Honda Jazz pada CV Honda Daya Motor di Pontianak. Saran yang dapat diberikan bagi penelitian ke depannya dalam melakukan penilai terhadap keputusan pembelian pada perusahaan adalah menggunakan variabel produk dan pelayanan yang dapat dipisah menjadi dua model selain kualitas yaitu atribut dan kinerja, sedangkan variabel merek yang dapat digunakan adalah citra/image dan kesetiaan/loyalty.