Pengaruh Growth Opportunity, Firm Size dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh growth opportunity (sales growth), firm size dan leverage (Debt to Equity Ratio) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s q) pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Populasi sebanyak 42 perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI sedangkan sampel 32 perusahaan. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda analisis korelasi, koefisien determinasi dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F (uji kelayakan model) dan uji t (uji signifikansi parameter individual). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa growth opportunity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan firm size berpengaruh positif dan leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.