Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Multi Motor di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh uji signifikan antara variabel citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan adalah seluruh pengguna yang menggunakan Sepeda Motor Merek Yamaha Vixion pada PT Multi Motor di Pontianak. Sampel yang diambil sebanyak seratus responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22. Teknik analisis data mengunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Skala yang digunakan dalam analisis kualitatif adalah Skala Likert. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, dan heterokedastisitas), uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa citra merek Ho ditolak Ha diterima dinyatakan berpengaruh secara signifikan dan untuk variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian atau Ho ditolak dan Ha diterima.
Referensi
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks, 2008.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
Suharno & Yudi Sutraso. Marketing In Practice. Edisi pertama. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2010
Umar, Husein. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.