Pengaruh Keunggulan Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT Cahaya Benteng Mas Cabang Pontianak

Penulis

  • Nurdiantono Swastika Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa signifikan pengaruh keunggulan produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yakni deskriptif di mana populasinya adalah semua konsumen perantara atau toko bangunan. Teknik pengumpulan data adalah Purposive Sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak seratus orang di mana penulis menyebarkan kuesioner ke toko-toko bangunan di Kota Pontianak yang menjual baja ringan CBMTruss yang kemudian diedarkan kepada pembeli baja ringan ditoko tersebut. Dari hasil perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil dari uji reliabitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari Koefisien determinasi sebesar 0,594. Hasil dari analisis regresi linear berganda adalah Y = 13,474 + 0,130 X1 + 0,966 X2. Hasil uji F sebesar 71,095 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel keunggulan produk dan citra merek berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles