Analisis Pengaruh Citra Merek dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak

Penulis

  • Sikolastika Fitria Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Pertumbuhan penjualan sepeda motor matic Honda PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak lima tahun terakhir mengalami penurunan pada tahun terakhir, hal ini dikarenakan persaingan yang ketat penjualan produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda PT Nusantara Surya sakti Cabang Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling. Data yang diperoleh peneliti diproses menggunakan bantuan program SPSS 22.00 (Statistical Package for Social Sciences) pada komputer. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Tingkat kesalahan yang digunakan pada penelitian ini adalah 5,00 persen. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa hasil uji t menyatakan bahwa variabel citra merek dan harga kompetitif bepengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran-saran yang diberikan penulis adalah perusahaan sebaiknya mempertahankan citra merek agar konsumen tertarik untuk membeli dan mempertahankan harga secara lebih konsisiten sehingga harga dapat lebih kompetitif dengan pesaingnya.

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Articles