Pengaruh Kinerja Layanan dan Citra Toko terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak

Penulis

  • Welly Hartono Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Swalayan Garuda Mitra di Pontianak adalah perusahaan yang bergerak di bidang ritel dan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik serta memperhatikan kinerja layanan yang diberikan kepada konsumen, agar dapat meningkatkan citra toko yang baik di benak konsumen, sehingga dapat mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan dan citra toko terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria melakukan pembelian minimal 2 kali dalam sebulan dengan rentang umur 17 sampai dengan 60 tahun. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen kinerja layanan dan citra toko berpengaruh terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Dalam hal ini saran penulis adalah perusahaan harus bisa menjaga, memperbaiki, dan mengembangkan pelayanan maupun fasilitas yang diberikan kepada konsumen, agar dapat menciptakan citra yang baik bagi perusahaan di benak konsumen.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles