Analisis Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pasien menggunakan Jasa Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak
Abstrak
Rumah sakit merupakan lembaga pemberian jasa pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan dikategorikan sebagai suatu instansi pelayanan kesehatan yang kompleks, sehingga mampu melaksanakan peningkatan, pencegahan, pengobatan dan pemulihan. Populasi penelitian adalah keluarga atau kerabat pasien yang menggunakan jasa RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak. Sampel diambil sebanyak seratus orang sebagai responden. Teknik penentuan jumlah sampel adalah accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan program olahan data statistik, yakni statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2), analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil uji validitas menunjukkan variabel independen (X) dan variabel dependen (Y) dinyatakan valid. Hasil uji t menunjukkan citra rumah sakit dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pasien menggunakan jasa rumah sakit.
Referensi
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi delapan, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, K.L. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ketiga Belas. Penerjemah Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Mowen. H. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid I. Penerbit. Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2017. Pemasaran Strategik Edisi III. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.