Pengaruh Nilai Nasabah, Kinerja Layanan, dan Kualitas Informasi Produk terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh nilai nasabah, kinerja layanan dan kualitas informasi produk terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak yang berjumlah 15.072 orang berdasarkan data tahun 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan parameter indikator. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan program SPSS versi 22 dan hasil analisis menunjukan bahwa variabel nilai nasabah, kinerja layanan dan kualitas informasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Adapun saran yang ingin diberikan oleh penulis adalah pertama menambah variasi produk tabungan, kedua selalu memberikan pelatihan untuk meningkatkan kinerja layanan dan selalu memberikan informasi-informasi yang terkini dan akurat.
Referensi
(Januari-Juni 2011), Hal 58-75. ISSN: 2085-0972
Fermady, Arfad. “Pengaruh Kinerja Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen.” Digest Marketing, vol.1.no.1 (Juli 2015), Hal 15-21. ISSN: 2302-4682 Harun, Harniza. “Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Nilai Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah.” Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, vol.3.no.1
Rizky Kharisma, Endang Siti Astuti dan Heru Susilo. “Pengaruh Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Secara Online.” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 28, no.1 (November 2015), pp 56-63
Rumengan, Novita Aveline., Hendra Novi Tawas dan Rudy Steven Wenas. 2015. “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Strategi Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado”. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntasi (EMBA). Vol. 3.No.2.Hal. 684-694. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.