Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian pada Supermarket Carrefour Cabang Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kinerja layanan dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Carrefour Cabang Pontianak. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan populasi yang di mana menggunakan semua pelanggan yang pernah melakukan pembelian produk pada supermarket. Teknik pengumpulan data adalah accidental sampling, sampel yang digunakan sebanyak seratus responden di mana penulis akan menyebarkan kuesioner kepada para pengunjung maupun pelanggan yang berada pada lokasi supermarket. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil uji F sebesar 0,000 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel kinerja layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan harga kompetitif berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Referensi
Dharmayanti, Diah. 2006. “Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah”. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 1.
Dharmmesta, Basu Swastha & T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Pelanggan, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Indeks.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.
Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.