Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Gala Jaya Mandiri di Pontianak

Penulis

  • Ivon Alvina Program Studi Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek dan minat beli konsumen pada Generator Mitsubishi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang datang mengunjungi dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden dengan kriteria mereka yang pernah membeli Generator Mitsubishi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian hipotesis pada H1 mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap uji t adalah sebesar 6,785 dan Hasil pengujian hipotesis pada H2 mampu menjelaskan pengaruh pada uji t sebesar 2,797. Hasil dari kedua variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Adapun saran yang dapat penulis berikan untuk perusahaan yaitu perusahaan harus tetap mempertahankan konsumen dengan menjaga kualitas produk dengan baik agar dapat meningatkan pangsa pasar dan harus bisa menjaga citra merek yang telah dibangun dengan semakin gencar mempromosikan produknya

 

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Articles