Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada CU Sumber Kasih di Toba Kabupaten Sanggau
Abstrak
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, menganalisis tanggapan responden pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Didalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas dengan objek penelitian anggota pada CU Sumber Kasih Di Toba Kabupaten Sanggau. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan kuesioner dengan ini penulis menggunakan instrument yaitu Skala Likert.Untuk teknik analisis data menggunakan alat analisis kuantitatif dan kualitatif berupa tingkat kepuasan, analisis Skala Likert dan Uji t yang menggunakan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil uji t (pengaruh parsial) antara variabel Kualitas Pelayanan dan variabel Kepuasan Konsumen diperoleh thitung variabel Kualitas Pelayanan sebesar 10,440 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Untuk dapat mengetahui pengaruh secara parsial dapat membandingkan antara thitung dengan ttabel. Untuk mendapatkan ttabel dapat dicari pada table statistik pada signifikansi 0,05 df = n-k-1 atau 100-1-1 = 98. Sehingga ttabel yang diperoleh adalah 1,985. Oleh karena nilai thitung yang diperoleh variabel Kualitas Pelayanan lebih besar dari pada ttabel (10,440 > 1,985) dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000< 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.