Analisis Pengaruh Keterampilan Tenaga Penjual, Harga, dan Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada PT Multi Motor di Pontianak

Penulis

  • Hendri Hendri Program Studi Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak.

Abstrak

Keterampilan tenaga penjual merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produk dan membujuk konsumen untuk membeli. Keterampilan tenaga penjual dan publisitas menjadi suatu program terpadu untuk berkomunikasi dengan pembeli dan orang lain yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan pembelian. Produk unggulan dapat memiliki yang disebut dengan brand equity (ekuitas merek) yang menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk. Penetapan harga yang tepat akan mendapatkan perhatian yang besar dari konsumen. Jika harga yang ditetapkan oleh perusahaan tepat dan sesuai dengan daya beli konsumen maka pemilihan suatu produk akan dijatuhkan pada produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan tenaga penjual, harga, dan brand equity terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek yamaha pada PT Multi Motor di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan program SPSS 22 untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel keterampilan tenaga penjual, harga, dan brand equity terhadap keputusan pembelian. Dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumenter dan kuesioner. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel sebanyak 100 responden dengan metode insidental sampling yang merupakan konsumen PT Multi Motor di Pontianak dan bersedia mengisi kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas keterampilan tenaga penjual, harga, dan brand equity secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Articles