Pengaruh Kinerja Layanan, Daya Tarik Promosi dan Lokasi terhadap Minat Beli Ban Mobil Merek Dunlop pada CV Trijaya Sukses di Pontianak

Penulis

  • Eric Wijaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Keberhasilan suatu bisnis bergantung pada bagaimana strategi yang diterapkan dalam berbisnis Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan, daya tarik promosi dan lokasi terhadap minat beli ban mobil merek dunlop pada CV Trijaya Sukses di Pontianak. Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha ban mobil merek Dunlop yang berada di Pontianak. Metode penentuan sampel dengan metode accidential sampling, dengan jumlah sample yang didapatkan sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian meununjukkan bahwa kinerja layanan memiliki pengaruh terhadap minat beli. Ini berarti semakin meningkatkan kemampuan kinerja layanan akan meningkatkan minat beli. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa daya tarik promosi dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, yang berarti semakin besar daya tarik promosi akan semakin meningkatnya minat beli. Dan semakin bagus lokasi yang ditempatkan akan semakin meningkatkan minat beli.

Referensi

Abubakar, Rusydi. 2018. Manajemen pemasaran. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Ali Hasan. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Hartini, Sri. 2017. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Sakura Palangka Raya”. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Volume 3, Nomor 1, April.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service Quality and Satisfaction. Edisi 3, Yogyakarta: Andi.

Diterbitkan

2022-04-30

Terbitan

Bagian

Articles