Pengaruh Kegiatan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Pelumas Merek Enduro Matic pada PT Pertamina Lubricants Region VI Cabang Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan promosi terhadap keputusan pembelian. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli produk pelumas pada PT Pertamina Lubricants Region VI Cabang Pontianak. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode sampling nonprobability dan ditetapkan sebanyak 100 responden dari keseluruhan populasi. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, data dikatakan valid dan reliabel. Hasil dari analisis regresi sederhana adalah Y = 1,947 + 0,432X. Hasil uji koefisien regresi sederhana diperoleh thitung sebesar 10,059 > ttabel 1,984. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka variabel kegiatan promosi berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian.