Pengaruh Kualitas Hubungan Pelanggan dan Keterampilan Menjual terhadap Kinerja Tenaga Penjual pada PD Andhika Primajaya di Pontianak

Penulis

  • Eriac Gunawan Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas hubungan pelanggan dan keterampilan menjual terhadap kinerja tenaga penjual, untuk mengetahui tanggapan tenaga penjual terhadap kualitas hubungan pelanggan dan keterampilan menjual, serta untuk mengetahui seberapa besar kualitas hubungan pelanggan dan keterampilan menjual mempengaruhi kinerja tenaga penjual pada PD Andhika Primajaya di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, studi dokumenter, dan kuesioner. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Sampling Jenuh dengan sampel 35 responden yang merupakan semua tenaga penjual yang ada pada PD Andhika Primajaya di Pontianak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan rating scale dan diolah menggunakan software SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan bahwa kualitas hubungan pelanggan dan keterampilan menjual memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja tenaga penjual. Tenaga penjual diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan volume penjualan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.

 

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles