Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kinerja Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Mamy Poko pada CV Indo Prima di Pontianak

Penulis

  • Griffin Cung Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image, harga, dan kinerja pelayanan terhadap keputusan pembelian produk Mamy Poko pada CV Indo Prima di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah toko grosir yang menjual Mamy Poko. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa brand image, harga, dan kinerja pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapaun saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan harus menjaga brand image dari produk Mamy Poko, brand image yang sudah baik dapat ditingkatkan lebih baik lagi agar tetap mendapatkan citra atau pandangan yang positif di benak konsumen, perusahaan harus mempertahankan kestabilan harga agar tetap dapat bersaing dengan kompetitor dan terakhir perusahaan selalu menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan dari tenaga penjual karena tenaga penjual adalah penyambung antara perusahaan dan pelanggan, dimana tenaga penjual dapat mempengaruhi keputusan pembelian dari pelanggan.

Referensi

Citra, T., dan Santoso, S. B. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang)”. Diponegoro Journal of Management, 5.2 (2016): 158-169.

Evalina, Nela, DW, Handoyo dan Listyorini, Sari. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi”. Diponegoro Journal of Social and Politic. Tahun 2012: 1-11.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Novertiza, Edda Christy Koes dan Khasanah, Imroatul. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepercayaan dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel Las Sinar Baru di Jepara”. Diponegoro Journal of Management. Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016, Halaman 1-13.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Yudha, Putu Dharma dan Sudiksa, Ida Bagus. “Pengaruh Celebrity Endorses, Brand Image, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian”. E-Jurnal Manajemen Unud. Volume 7, Nomor 9, Tahun 2018: 5055- 5079.

Diterbitkan

2022-05-31

Terbitan

Bagian

Articles