Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Keputusan untuk Menginap di Hotel Merpati di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menarik tamu supaya memutuskan untuk menginap di hotel maka, dibutuhkan kualitas pelayanan yang baik. Pelayanan yang diberikan dalam bentuk fisik apakah bangunan hotel yang menarik bagi tamu, operasional yang sudah sesuai dengan prosedur dan pelayanan yang diberikan karyawan sudah maksimal dan memuaskan. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian mengenai kualitas pelayanan jasa terhadap keputusan untuk menginap berdasarkan data dari seratus sampel pada Hotel Merpati di Pontianak. Berdasarkan hasil uji validitas dan reabilitas, data dikatakan valid dan reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda adalah Ŷ = 3,668 + 0,207 X1 + 0,263 X2 + 0,339 X3. Hasil uji koefisien korelasi berganda menunjukkan nilai R sebesar 0,758 yang berarti bahwa hubungan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Pengujian hipotesis secara parsial pada uji t menunjukkan variabel fisik (X1), operasional (X2) dan pelayanan (X3) memiliki pengaruh terhadap keputusan menginap.