Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak
Abstrak
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal-komparatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi dokumenter, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah PT BPR Prima Multi Makmur yang berjumlah 17.180 nasabah, dengan sampel sebanyak 150 responden.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah accidental sampling yaitu semua nasabah berkesempatan menjadi responden jika bersedia mengisi kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan untuk analisis kuantitatif adalah dengan menggunakan skala rating.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa atribut produk, kualitas pelayanan dan lokasi pada PT BPR Prima Multti Makmur sudah sangat baik.Secara simultan, yaitu variabel atribut produk, kualitas pelayanan, dan lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabelkeputusan menjadi nasabah. Secara parsial, variabel atribut produk, kualitas pelayanan, dan lokasi masing-masing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan menjadi nasabah.